Indonesia Jadi 1 Dari 6 Negara yang Punya Keunggulan Kelas Dunia di Asia, Apa Artinya?

Berita339 Dilihat

Rabu, 16 Agustus 2023 – 12:09 WIB

Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), menyatakan bahwa Indonesia kini telah menjadi kekuatan menengah di Asia atau middle power in Asia. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lowy Institute.

Baca Juga :

Ketua DPD RI: Pemilu Presiden Langsung Melahirkan Politik Kosmetik yang Mahal

“Lembaga think tank Australia, Lowy Institute, menyebut Indonesia sebagai middle power in Asia dengan pengaruh diplomatik yang terus meningkat tajam, dan Indonesia termasuk satu dari enam negara Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power (keunggulan kelas dunia di semua bidang),” ujar Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2023, di Senayan, Jakarta, pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Meski Indonesia mendapat nilai yang positif di mata dunia, Jokowi mengaku bahwa tidak semua pihak menyambut baik hal tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang mempertanyakan apa manfaat yang didapat RI ketika menjadi kekuatan menengah di Asia.

Baca Juga :

Di Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Bicara Polusi Budaya, Apa Itu?

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023

Photo :

  • Youtube Sekretariat Presiden

“Tapi kemudian ada yang bilang memang kenapa dengan kepercayaan internasional yang tinggi? rakyat kan makan nasi kepercayaan internasional kan enggak bisa dimakan,” katanya.

Baca Juga :

Jokowi: Kita Tidak Sedang Jalan Sore, Butuh Pemimpin Marathon untuk Capai Indonesia Emas

“ya memang enggak bisa, sama seperti jalan tol enggak bisa dimakan, ya memang. Nah ini, ini contoh menghabiskan energi untuk hal tidak produktif itu, ya begini,” lanjutnya.

Jokowi kemudian menjabarkan, bahwa melalui pencapaian tersebut kredibilitas Indonesia dapat diakui dan kedaulatan RI akan lebih dihormati. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *