Cegah Kematian Kanker Serviks, Vaksin HPV Gratis untuk Anak Perempuan

Berita349 Dilihat

Senin, 14 Agustus 2023 – 11:31 WIB

JAKARTA – Kanker leher rahim (serviks) merupakan jenis kanker penyebab kematian tertinggi nomor dua dan salah satu beban pembiayaan kesehatan terbesar di Indonesia. Atas hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun berupaya mencegahnya dengan memberikan imunisasi secara luas pada anak perempuan tanpa dipungut biaya atau gratis.

Baca Juga :

Atap Rumah Pakai Asbes, Awas Bahaya Kanker Paru Mengitai

Berdasarkan data Globocan tahun 2021, terdapat 36.633 kasus kanker serviks di Indonesia dengan angka kematian yang terus meningkat. Penyebabnya beragam, namun sebagian besar disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus atau HPV yaitu sekitar 95 persen. Scroll untuk informasi selengkapnya.

“Tingkat kematian akibat kanker ini mencapai 50 persen karena mereka datang sudah terlambat,” jelas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga :

Waspada, Dokter Sebut Bahan Kimia di Obat Nyamuk Bisa Picu Kanker

Walaupun memiliki risiko kematian yang tinggi, kanker serviks dapat dicegah. Salah satunya upaya pencegahan yaitu melalui pemberian imunisasi Human Papillomavirus (HPV).

Baca Juga :

Viral Pria Menyamar Gunakan Cadar untuk Ikuti Wanita Ini ke Toilet, Netizen Geram

“Imunisasi merupakan upaya yang paling murah. Kalau sudah kena kanker serviks sudah pasti mahal biayanya. Untuk itu, Kemenkes melakukan perluasan HPV secara nasional,” kata Dirjen Maxi.

Pemerintah berkomitmen untuk mencegah morbiditas, mortalitas, dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Program prioritas ini merupakan upaya promotif preventif atau untuk pencegahan dengan memperkenalkan jenis vaksin baru yang ditambahkan dalam program imunisasi nasional, termasuk vaksin HPV.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *