Arsenal Raih Gelar Community Shield Usai Menang Adu Penalti Lawan Manchester City

Berita366 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Arsenal berhasil meraih gelar Community Shield usai meraih kemenangan atas Manchester City di Stadion Wembley, London, pada Minggu, 6 Agustus 2023. The Gunners berhasil menang dengan skor 4-1 dalam drama adu penalti.

Arsenal dan Man City bermain imbang 1-1 dalam pertandingan 90 menit waktu normal. The Citizens unggul terlebih dulu berkat gol pemain pengganti, Cole Palmer, pada menit ke-77, sebelum Leandro Trossard memperpanjang napas The Gunners lewat gol pada masa injury time.

Laga langsung berlanjut ke babak adu penalti. Pada babak adu penalti, Martin Odegaard, Leandro Trossard, Bukayo Saka, dan Fabio Vieira berhasil mencetak gol untuk Arsenal. Di kubu Manchester City, hanya Bernardo Silva yang berhasil menunaikan tugasnya, sedangkan Kevin de Bruyne dan Rodri gagal.

Jalannya Pertandingan

Manchester City berhasil mendominasi pertandingan sejak babak pertama. Statistik menunjukkan bahwa tim asuhan Pep Guardiola memiliki 63 persen penguasaan bola berbanding 37 persen untuk Arsenal. Namun, The Citizens tak mampu membuat banyak peluang tepat sasaran. 

Man City mendapatkan peluang emas pada menit ke-14. Rodri melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi tembakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Aaron Ramsdale. 

Lima menit berselang, giliran Julian Alvarez mendapatkan peluang. Namun, tendangannya masih melenceng cukup jauh dari tiang kiri gawang.

Arsenal bermain dengan lebih menunggu memanfaatkan serangan balik. Peluang emas mereka dapat pada menit ke-25, Kai Havertz punya peluang mencetak gol. Namun, ia gagal mengarahkan tendangannya dengan akurat. Kiper Manchester City Stefan Ortega masih mampu melakukan penyelematan.

Pada menit ke-40, Havertz kembali mendapatkan peluang setelah menemukan ruang kosong di dalam kotak penalti City. Menerima umpan dari sisi kanan, ia berhasil melepaskan tembakan rendah ke arah tengah gawang. Namun, Stefan Ortega mampu bereaksi untuk menghentikan tembakannya.

Baca Juga  Hotel Cordela Inn Gelar Bakti Sosial Pembersihan Pantai Panjang - Bengkulu

Manchester City hanya mampu membuat tiga peluang yang tepat sasaran pada babak pertama. Adapun Arsenal membuat empat peluang dan dua di antaranya mengarah ke gawang Ortega. Babak pertama, skor masih imbang 0-0. 

Pada babak kedua, Arsenal berusaha keluar dari tekanan. Duel di lini tengah kerap terjadi sehingga membuat kedua tim kesulitan menciptakan peluang. 

Iklan

Manchester City mendapatkan peluang emas pada menit ke-52 melalui John Stones. Memanfaatkan tendangan sudut, ia berhasil melepaskan diri dari penjagaan pemain bertahan The Gunners dan menyundul bola ke arah gawang. Namun, sundulan kerasnya masih mampu dihalau Ramsdale. 

Pep Guardiola melakukan sejumlah perubahan dalam lima menit setelah pertandingan memasuki satu jam. Cole Palmer menggantikan Erling Haaland dan Kevin de Bruyne menggantikan Mateo Kovacic. Perubahan tersebut berhasil membuat Arsenal kesulitan menembus lini tengah City.

Pada menit ke-70, Cole Palmer menerima sebuah operan manis di dalam kotak penalti. Namun, tembakannya masih mampu diblokir Jurrien Timber.  Manchester City hanya mendapatkan tendangan sudut. 

Melihat timnya kesulitan, pelatih Arsenal Mikel Arteta melakukan sejumlah perubahan. Ia memasukkan Leandro Trossard dan Kieran Tierney untuk menggantikan Gabriel Martinelli dan Timber. 

Pergantian justru membawa malapetaka. Berawal dari kesalahan Tierney dalam menghalau bola umpan De Bruyne, Palmer berhasil merebut bola dan melepaskan tembakan dari batas kotak penalti. Bola melayang ke sudut kiri gawang Ramsdale. Skor 1-0 untuk Manchester City. 

Pada menit ke-83, Man City mendapatkan peluang kembali mencetak gol lewat Phil Foden. Namun, tendangan dari dalam kotak penalti masih mampu Ramsdale blokir. 

Arteta melakukan perubahan. Ia mengganti Kai Havertz dan Gabriel dengan Emile Smith Rowe dan Fabio Vieire. Namun, usaha itu tak cukup untuk Arsenal mencari gol penyeimbang hingga pertandingan memasuki masa injury time selama delapan menit. 

Baca Juga  BMKG Sebut Pertanian Paling Terkena Dampak Serius Perubahan Iklim

Usaha Arsenal berbuah hasil pada ujung masa injury time. Bukayo Saka mengoper bola pada Leandro Trossard yang kemudian masuk ke dalam kotak penalti. Dia melepaskan tembakan yang memantul tubuh Manuel Akanji. Stefan Ortega tak dapat berbuat apapun untuk menghalau bola. Skor 1-1 bertahan hingga akhir.

Pilihan Editor: Ini Kata Erik ten Hag Soal Rasmus Hojlund, Rekrutan Terbaru Manchester United



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *