10 Wilayah dengan Polusi Udara Terburuk di Indonesia Hari Ini, Tangerang Selatan Nomor 1

Berita335 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Masalah polusi udara masih terus menghantui masyarakat di Indonesia. Tak hanya di DKI Jakarta, sejumlah kota juga disebut memiliki kualitas udara yang buruk untuk kesehatan. 

Data dari laman IQ Air menyebutkan 10 daerah dengan tingkat polusi terburuk pada hari ini, Ahad, 20 Agustus 2023. Kota Tangerang Selatan menempati posisi puncak wilayah dengan polusi udara terburuk di Indonesia berdasarkan data per pukul 10.12 WIB. DKI Jakarta menempati posisi ke-8 dengan tingkat PM 2.5 mencapai 155. 

Berikut 10 daerah dengan tingkat polusi udara terburuk di Indonesia:

1. Tangerang Selatan, Banten – 181
2. Kota Pontianak, Kalimantan Barat – 170
3. Kota Bandung, Jawa Barat – 165
4. Mempawah, Kalimantan Barat – 165
5. Gedongtataan, Lampung – 160
6. Kabupaten Serang, Banten – 157
7. Terentang, Kalimantan Barat – 157
8. DKI Jakarta – 155
9. Sleman, Yogyakarta – 154
10. Banjarbaru, Kalimantan Selatan -152

Penilaian ini dilakukan IQ Air dengan mengukur tingkat PM 2,5 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2,5 mikrometer. Mereka melakukan pengukuran di 72 titik yang tersebar di berbagai daerah.

5 wilayah dengan kualitas udara baik

Menurut IQ Air, hanya 5 wilayah di Indonesia yang memiliki kualitas udara dengan kategori baik pada hari ini. Kelima wilayah itu adalah:

Iklan

1. Matur, Sumatera Barat – 7
2. Indrapuri, Aceh – 11
3. Kota Sorong, Papua Barat – 39
4. Kasiguncu – Sulawesi Tengah
5. Pangkalan Bun – Kalimantan Tengah – 46

Data tersebut masih sangat mungkin berubah karena pengukuran dilakukan secara setiap waktu dan data akan diperbaiki berdasarkan periode waktu tertentu.

Baca Juga  Lil Tay Meninggal Dunia, Saudara Laki-lakinya Juga Tutup Usia

Laman tersebut juga memperlihatkan sejumlah titik api di sejumlah wilayah di Pulau Kalimantan. Tempo masih mencoba mengonfirmasi hal ini ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga berita ini diturunkan. 

Data yang dikumpulkan IQ Air konsentrasi PM 2.5 di Indonesia sepanjang tahun lalu 6,1 kali lebih besar dari standar keamanan yang dimiliki oleh badan kesehatan dunia, WHO. Hal itu menempatkan Indonesia sebagai negara dengan polusi udara terburuk nomor 26 di dunia. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *