Ada 458 Proposal Penyelenggara Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Ini Statusnya – Fintechnesia.com

Apartemen330 Dilihat


FinTechnesia.com | Perkembangan Inovasi Keuangan Digital semarak. Sejak terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 13 Tahun 2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan, terdapat 458 proposal permohonan pencatatan dari penyelenggara Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK). 

OJK telah menerbitkan status tercatat terhadap 155 penyelenggara ITSK. Permohonan pencatatan dalam rangka regulatory sandbox saat ini memasuki Batch 26. Terdapat 14 penyelenggara ITSK yang telah mengajukan permohonan. 

“OJK sedang melakukan proses verifikasi kebenaran dokumen dan evaluasi atas inovasi model bisnis yang diajukan oleh 14 penyelenggara ITSK itu,” kata Hasan Fawzi, Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, pekan lalu. 

Baca juga: Status Tercatat Dua Fintech IKD Dicabut, Ini Daftar IKD Resmi di OJK

Pada Desember 2023, OJK menetapkan klaster model bisnis Innovative Credit Scoring (ICS) sebagai objek yang diatur dan diawasi OJK pada bidang pengawas sektor ITSK, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto (IAKD). 

Hal ini mengacu pada hasil evaluasi dan penilaian atas hasil uji coba regulatory sandbox terhadap dua prototype pada klaster tersebut. Keduanya telah memperoleh status direkomendasikan untuk melakukan proses selanjutnya, yaitu pendaftaran dan/atau perizinan kegiatan usaha dari OJK. 

Selanjutnya OJK menetapkan 11 kriteria yang wajib dipenuhi oleh 15 penyelenggara ICS lain (non-prototype) yang tercatat pada regulatory sandbox, sebelum diberikan rekomendasi.

Maka, per Desember 2023 terdapat pengurangan jumlah penyelenggara ITSK yang tercatat dalam proses regulatory sandbox OJK sebanyak 17 peserta tercatat. Sehingga tercatat 80 peserta yang terbagi dalam 13 klaster model bisnis.

Selanjutnya OJK akan melanjutkan percepatan evaluasi dan pemberian rekomendasi proses Regulatory Sandbox, terutama terkait dengan klaster model bisnis yang memiliki karakteristik bisnis dan aktivitas yang sejenis seperti E-KYC, Regtech PEPRegtech E-Sign, dan Transaction Authentication. (nin)

Baca Juga  Liburan Akhir Tahun Tiba, Simak Tips Traveling Anti Boncos - Fintechnesia.com



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *